banner

4 Tips Aman Melakukan Kencan Online

Tips aman untuk anda yang ingin melakukan kegiatan kencan online

Kecepatan teknologi saat ini membuat orang lain dengan sangat mudah menemukan berbagai informasi termasuk teman kencan, di mana dengan mengandalkan ponsel pintar, Anda dapat mengakses aplikasi kencan online di mana saja. Tinggal swipe, Anda pun bisa langsung berkomunikasi dengan seseorang yang tak dikenal di dunia maya tanpa perlu perantara. Maraknya aplikasi kencan online membuat Anda mudah terjerat dengan aksi penipuan, ghosting, bahkan pelecehan seksual tanpa Anda sadari.

Tidak hanya itu, merasa cocok dan saling memahami dalam dunia maya, Anda akan santainya memberikan informasi pribadi yang seharusnya orang lain tidak ketahui. Keselamatan dan keamanan Anda menjadi taruhannya apalagi buat Anda yang masih baru dengan aplikasi kencan online seperti ini. Tapi, lama melajang juga membuat Anda dihantui rasa bosan apalagi di tengah pandemi virus corona sepert ini. Untuk meminimalisir risiko yang terjadi, Anda bisa menemukan empat tips amannya di sini:

1. Atur bagian setting sesuai kriteria yang diinginkan

Kesibukan bekerja dan makin sedikitnya lingkar pertemanan membuat Anda menjatuhkan pilihan pada aplikasi kencan online. Meski awalnya hanya iseng biasa, Anda tetap harus berhati-hati saat memulai perkenalan di aplikasi kencan online ini.

Amannya, Anda dapat mengatur terlebih dahulu kriteria yang ingin Anda liat di laman swipe seperti usia, lokasi, status hubungan, sampai postur tubuh yang kamu harapkan. Di beberapa aplikasi kencan online menyediakan pengaturan tersebut. Tips ini bisa menekan risiko bertemu orang asing yang tidak diinginkan. Anda pun harus cerdik dalam men-swipe perempuan yang ingin Anda jadikan calon teman kencan online Anda.

2. Saat swipe, lihat secara keseluruhan profil teman kencan online Anda

Saat Anda sudah cocok dengan kriteria yang ditentukan dan merasa tertarik dengan gambaran fisik yang ditampilkan, Anda bisa men-swipe tapi jangan lupa untuk melakukan sedikit pengecekan profil secara menyeluruh terhadap teman kencan online Anda.

Lihatlah apa yang dibagikan oleh orang tersebut dalam laman aplikasi kencannya, seberapa besar kecocokan Anda dengan dirinya. Kalau Anda merasa ada yang janggal, Anda bisa mencoba cek nama teman kencan Anda yang terdapat di profil melalui mesin pencari, Google atau media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Terkadang, nama profil yang digunakan dalam aplikasi kencan online tidak jauh berbeda dengan nama di sosial media. Anda akan mengetahui apakah dia seorang scammer atau bukan lewat jejaring dunia mayanya.

3. Lakukan obrolan sederhana untuk memancing kedekatan

Jika Anda merasa baik-baik dengan teman kencan online Anda, lakukan obrolan sederhana untuk memancing kedekatan mulai dari tegur sapa, menanyakan hobi atau pekerjaan atau hal-hal yang ingin kamu ketahui dari si dia. Biarkan obrolan mengalir apa adanya hingga Anda merasa nyaman untuk melanjutkan obrolan tersebut di luar aplikasi.

Komunikasi dua arah sangat penting buat Anda yang baru saja bertemu dengan seseorang yang dapat mencairkan suasana. Hilangkan kesan canggung atau obrolan kaku agar interaksi antara Anda dan si dia berjalan lebih lama.

4. Hindari sebar foto yang sangat personal sampai pin keuangan

Saat Anda memutuskan memberi nomor ponsel pribadi ke seseorang yang Anda temui secara online, pastikan diri Anda untuk tetap menjaga batasan yang perlu diterapkan.

Walau akhirnya terasa menyenangkan menemukan teman kencan tetapi bertemu orang asing di aplikasi kencan online tidak sepenuhnya dapat dikatakan aman terlebih ada banyak kasus kejahatan yang terjadi dalam aplikasi kencan online yang mengandalkan para lajang ini.

Usahakan untuk menolak saat si dia mulai meminta sesuatu seperti foto yang sangat personal, nomor pin kartu atm atau aplikasi pembayaran online dalam ponsel Anda. Jangan pernah memberikan sesuatu yang sangat personal kepada seseorang yang belum Anda kenal dengan baik agar terhindar dari kejahatan online berkedok asmara. Setuju?

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam