banner

6 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Kencan Online

6 Hal yang jangan dilakukan saat menggunakan aplikasi kencan online

Beragam aplikasi kencan online memang diciptakan untuk membantu penggunanya mencari teman kencan atau pasangan hidup apalagi di tengah pandemi COVID-19, yang membuat Anda harus sesering mungkin berada di dalam rumah. Berbagai aplikasi pencarian jodoh atau aplikasi aplikasi kencan online seperti Tinder atau Setipe, memang ditujukan buat para lajang yang ingin melakukan kencan online dan syukur-syukur berlanjut ke dunia nyata.

Meski begitu, Anda tetap harus waspada ya. Sebab, berbagai kejahatan bisa menimpa Anda akibat aplikasi kencan online tersebut. Berikut beberapa hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan saat menggunakan aplikasi kencan online.

1. Memasang Foto Profil dengan Kerabat

Tiap orang pasti akan memasang foto terbaik untuk dijadikan profile picture. Hati-hati! Usahakan untuk tidak memasang foto bersama keluarga terdekat, saudara, kerabat bahkan mantan sebagai foto profil. Pertama, belum tentu orang yang ada di foto setuju wajahnya digunakan dalam foto profil Anda. Kedua, foto profil Anda (yang ada orang lain di dalamnya) mungkin saja disalah gunakan orang tidakbertanggung jawab. Ketiga, buat apa Anda memasang foto dengan mantan di aplikasi kencan online?

2. Menulis Biodata Super Panjang

Layaknya media sosial, aplikasi kencan online juga menyediakan semacam kolom biodata untuk Anda isi dengan deskripsi seputar diri Anda. Jangan membuat bio yang super panjang! Karena terlepas dari penting atau tidaknya isi Anda, bio itu malah akan membuat orang malas dan menghambat Anda mendapat teman kencan.

3. Kesan Pertama Terlalu Baper

Anda yang masih melajang dan tetap setia menunggu jodoh dari situs atau aplikasi kencan online wajib membaca ini. Ketika Anda menemukan orang yang Anda rasa tepat dan cocok, Anda tetap perlu waspada dan tetap memasang ‘pertahanan’ yang kokoh. Jangan terlalu baper dan percaya begitu saja sama semua kata-kata teman kencan Anda tersebut. Salah-salah, Anda bisa menjadi korban kejahatan akibat aplikasi kencan online!

4. Mudah Berbagi Informasi Personal

Anda harusnya tau kalau informasi personal yang bersifat pribadi seperti alamat rumah, lokasi Anda berada, atau hal privat lainnya harusnya tak boleh sembarangan Anda umbar ke orang lain, termasuk teman kencan online Anda. Jika iya, Anda harus segera mengubah sikap itu ya.

5. Tersambung dengan Medsos lainnya

Aplikasi kencan online seperti Tinder memang mempunyai fitur yang menyambungkan aplikasi tersebut dengan aplikasi lain, diantaranya Facebook, Instagram dan Spotify. Anda tentu tidak mau kan teman dan kerabat dekat Anda di medsos mengetahui aktivitas Anda di Tinder? Segera putuskan hubungan antar dua aplikasi tersebut via pengaturan atau menu settings di akun medsos. Dengan begitu, kerabat Anda di aplikasi-aplikasi tersebut tak akan tahu apa aja aktivitas Anda di Tinder.

6. Kadung Percaya, Mengurangi Kewaspadaan

Seyakin apapun Anda dengan teman kencan Anda di aplikasi kencan online, Anda tak boleh langsung percaya dengan orang tersebut sampai 100%. Rasa waspada tetap harus kamu miliki. Sekali lagi, hal itu berguna untuk mencegah Anda menjadi korban kejahatan via aplikasi kencan online.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam