banner

Alasan Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Wanita dari aplikasi kencan online

Kata orang urusan jodoh di tangan Tuhan, dengan kata lain kita tidak tahu dari mana datangnya, ya mungkin saja datangnya dari situs atau aplikasi kencan online? “Sandra ingin mengobrol dengan Anda.” Notifikasi itu, tiba-tiba masuk tak lama setelah menginstal aplikasi kencan online. Dan ada sedikitnya tiga aplikasi yang dicoba untuk menelusuri kecenderungan penggunanya di wilayah Bandung.

Tak lama usai Anda memasang aplikasi kencan online, maka bermunculan lah akun-akun pengguna aplikasi kencan online yang hanya berjarak 3-5 kilometer dari lokasi Anda. Namun bukan berarti mereka bersedia langsung bertemu dengan Anda. Sebab rata-rata para pengguna aplikasi kencan online hanya bersedia menjadi teman berbicara, “Halo salam kenal. Kamu di Bandung?” Balasan pun diutarakan kepada Sandra yang dalam keterangannya berusia 28 tahun.

Sekadar mencari teman berbicara

Wanita dari aplikasi kencan online

Dari aplikasi kencan online tersebut, kebanyakan rentang usianya dari 18-37 tahun. Rupa-rupa alasan mereka menggunakan layanan aplikasi kencan online, mulai dari sekadar iseng. “Iseng saja, barangkali memang beneran ada yang cocok, ” kata perempuan berkulit putih itu. Aktivitasnya sebagai karyawan swasta di belakang meja, tak memungkinkan punya waktu banyak untuk bersosialisasi. Dari lingkaran pertemanan, di usianya rata-rata sudah memiliki keluarga ataupun pasangan. “Pas tahu ada aplikasi kencan online ini, coba-coba saja,” kata Sandra, yang mengaku baru menginstal aplikasi kencan online Badoo untuk dua pekan saja.

Sekar (23) lain lagi. Mahasiswa perguruan tinggi swasta ini mengaku hanya mencari teman ngobrol. Baginya, chatting dengan orang yang tidak dikenal punya keasyikan tersendiri. Lantaran tidak mengenal latar belakang terlalu dalam. Sehingga perbincangan pun sebatas hal-hal yang sifatnya umum. “Ya hanya untuk iseng saja. Kalau benar-benar senggang baru buka,” kata Sekar, yang mengaku sedang liburan pasca ujian akhir semester (UAS). Di usia yang lebih muda, Yoan (20) mengaku tak punya motivasi apapun selain iseng mencoba-coba.

Bermacam-macan tujuan aplikasi kencan online

Wanita dari aplikasi kencan online

Beberapa aplikasi yang dicoba, untuk wilayah Bandung Badoo terhitung yang cukup banyak penggunanya. Sementara OkCupid hanya beberapa saja. Dalam aplikasi OKCupid, pengguna diberi pilihan tujuannya apakah untuk kencan singkat, menjalin kencan jangka panjang, hookup, dan teman baru. Di OKCupid, pengguna direkomendasikan untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait agama hingga seks. Salah satu pertanyaannya: Apakah lebih membutuhkan cinta atau seks. Jawaban atas pertanyaan ini bisa dibuka untuk publik. Tujuannya memudahkan para pengguna saling memahami pilihan tersebut.

Lain dengan Aplikasi Tinder. Di halaman beranda, kita di suguhkan foto orang di sekitar yang paling dekat dengan lokasi dimana user aplikasi berada. Tentu, Global Positioning System (GPS) harus dalam keadaan aktif. Menarik bukan? Bila Anda suka dengan foto lawan jenis, sah-sah saja memberikan icon love. Namun bila dirasa tidak menarik, tinggal swipe ke kiri, mereka akan terabaikan. Seseorang yang telah menerima icon love, akan menerima pemberitahuan. Bisa dibalas dengan icon yang sama, hak mereka juga kalau mau mengabaikan. Namun, saat dua user saling menyukai dengan sama-sama menekan icon hati tadi, maka Tinder akan memberi notifikasi, bahwa dua user tersebut berjodoh. Selanjutnya, pindah ke halaman obrolan, di mana percakapan lebih lanjut akan terjalin.

Meski mendalami aplikasi ini dan mencari rekan berbincang dalam beberapa kategori juga rekan berbeda usia, namun alasan sesungguhnya pengguna menginstal aplikasi ini sulit juga untuk diketahui. Juga sejauh mana mereka memakai opsi-opsi yang ada. Pilihan itu, sepenuhnya otonom pengguna. Apakah memutuskan untuk berlanjut kopi darat, atau langsung dilupakan saja. Menurut psikolog, Rini S Minarso SE SPsi MPsi menjelaskan, tingginya kesibukan seseorang dalam menjalani keseharian, bisa menjadi faktor yang mendominasi individu untuk mencari jodoh secara online. Aplikasi kencan online saat ini, dinilai sebagai sarana yang membantu. Bagaimana, Anda setuju?

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam