banner

Bagaimana Memperbaiki Hubungan Usai Perselingkuhan

Cara memperbaiki hubungan setelah perselingkuhan

Tak jarang Anda dan pasangan menghadapi bebagai gangguan dalam hubungan asmara kalian, seperti perselingkuhan yang merupakan gangguan yang paling sering dialami oleh setiap pasangan. Ada yang menganggap bahwa perselingkuhan bagaikan bumbu dalam hubungan, tapi ada juga yang menganggap itu sebagai pertanda hancurnya suatu hubungan. Ya, ada pasangan yang berhasil memperbaiki keretakan hubungan akibat perselingkuhan, namun tak sedikit juga hubungan yang hancur berkeping-keping karena affair tersebut.

Dilansir dari Men’s Journal, Psikolog Klinik dan Penulis Buku After the Affair: Healing the Pain and Rebuilding Trust When a Partner Has Been Unfaithful, Janis A. Spring, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pasangan yang melakukan perselingkuhan, jika ingin memperbaiki hubungan:

1. Segera akui

Saat seseorang mengakui dirinya telah berselingkuh, menurut Spring, hal itu lebih baik dibanding ketahuan tengah berselingkuh. Pengakuan dapat menjadi langkah awal untuk membangun kepercayaan, sedangkan perselingkuhan yang ditutupi justru mengurangi kepercayaan tersebut. Dalam mengungkapkan sebuah perselingkuhan, Anda harus memilih kata-kata dengan cermat, dan yang penting harus menunjukkan rasa bersalah. Pasangan Anda berhak tahu kesalahan apa yang telah dilakukan orang yang berselingkuh.

2. Daftar dosa

Spring mengatakan, beberapa kliennya membuat serangkaian daftar yang memuat tindakan pasangan yang menyakiti dirinya, termasuk berselingkuh. Daftar ini dapat membuat pasangan lebih terbuka satu sama lain, termasuk mengungkapkan hal yang menyakitkan. Selama sesi konsultansi ini, pelaku perselingkuhan harus bersikap sebagai pendengar dan memahami bahwa tidak ada yang dapat dibenarkan dari sebuah tindakan perselingkuhan atau pengkhianatan. Sang pelaku perselingkuhan harus memastikan pasangannya mengetahui bahwa ia mendengarkan dan memahami selama sesi konsultansi berlangsung.

3. Ungkapkan alasannya

Berjanji tidak akan mengulangi perselingkuhan lagi akan terdengar palsu dan omong kosong jika korban perselingkuhan tidak memahami mengapa pasangan mereka berselingkuh. Ini artinya, pelaku perselingkuhan wajib menjelaskan alasan atau faktor yang mendorong mereka berkhianat. Beberapa faktor yang menurut Spring bisa memicu perselingkuhan yakni merasa tidak diperhatikan, kurang dicintai dan tidak bahagia.

4. Tindakan nyata

Spring menegaskan bahwa kepercayaan tidak dibangun berlandaskan omongan belaka, melainkan juga berdasarkan sikap yang kuat. Beberapa tindakan yang membuat kecurigaan muncul sebaiknya segera dihentikan. Misal, dengan sama sekali tidak melakukan kontak terhadap orang ketiga tersebut; dan kalau terpaksa melakukan kontak karena satu pekerjaan atau lingkungan misalnya, segera ambil rencana untuk mencari pekerjaan atau lingkungan baru. Tindakan lain yang dapat dilakukan adalah memanggil ahli terapi yang profesional. Tindakan lain yang perlu dilakukan pelaku perselingkuhan adalah mengecek kondisi tubuh mereka, terutama terkait penyakit menular seksual hingga kepastian melakukan hubungan seks menjadi aman kembali.

5. Persiapkan untuk masa depan

Dampak perselingkuhan memang sangat berefek besar pada hubungan, tapi ini juga merupakan kesempatan untuk kembali membangun hubungan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini seperti berhubungan untuk ke-dua kalinya dengan orang yang sama. Memang membutuhkan usaha besar, termasuk emosi, namun hubungan tersebut akan lebih kuat dibanding sebelumnya.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam