banner

Beda Alasan Di Balik Perselingkuhan Pria dan Wanita

Contoh wanita yang hobi berselingkuh 1

Perselingkuhan selalu menjadi momok bagi hubungan asmara yang tak jarang berbuntut retak atau hancurnya hubungan pasangan. Hal yang hingga saat ini masih saja menjadi pertanyaan, kenapa orang berselingkuh? Penyebabnya tentu beragam. Tapi sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Sex Research menyebutkan ada satu faktor yang paling banyak jadi alasan orang selingkuh.

Penelitian terhadap 495 orang dewasa itu mengungkapkan, kebanyakan orang berselingkuh karena kurangnya rasa cinta. Sebanyak 77% responden mengaku berselingkuh karena rasa cinta yang sudah berkurang. Fakta yang menyedihkan, karena berarti sebagian besar orang berselingkuh karena sudah tidak cinta lagi dengan pasangannya. Lalu 70% responden lainnya mengatakan bahwa mereka berselingkuh karena merasa diabaikan, ada juga 70 persen responden mengatakan perselingkuhan terjadi ketika mereka sedang mabuk.

Sementara itu beberapa responden mengaku selingkuh karena merasa marah kepada pasangannya. Penyebab lainnya berselingkuh demi mengatasi rasa rendah diri mereka. Penemuan ini mendukung hasil temuan sebelumnya yang dilakukan Superdrug Online Doctor. Seperti dikutip dari This Is Insider, beberapa wanita berselingkuh karena merasa pasangan mereka tidak lagi memberikan perhatian yang utuh. Sementara para pria mengaku selingkuh karena bertemu wanita yang penampilannya lebih cantik dan menarik dibandingkan pasangan mereka.

Dari survei tersebut juga terungkap pria selingkuh semata-mata karena tidak mendapatkan kepuasan biologis dari pasangannya. Dengan kata lain, kurang seks. Saat ia membutuhkan seks dan ada wanita lain yang bisa ‘menawarkan’ itu, maka tingi potensinya untuk pria berselingkuh. Jadi bisa disimpulkan berdasarkan jawaban dari responden, pria selingkuh lebih disebabkan alasan fisik. Sementara wanita lebih kepada masalah hati dan perasaan.

Perselingkuhan merupakan hal yang menyakitkan, tapi bisa dilihat dari sisi positifnya. Ini merupakan pertanda bahwa pasangan yang selama ini bersama Anda, ternyata bukanlah orang yang tepat dan bisa menghargai Anda. Ya, menjalani sebuah hubungan memang tak lepas dari risiko putus atau berpisah. Banyak hal yang akan dialami bersama, senang, sedih hingga adu argumen bahkan perselingkuhan. Yang terpenting dari sebuah hubungan adalah harus adanya komunikasi antar pasangan, untuk selalu terbuka dan peduli dengan perasaan masing-masing. Tindakan seperti itu mungkin akan menghindarkan kita dari perselingkuhan.

Memperbaiki Hubungan

Contoh wanita yang hobi berselingkuh 2

Jika hubungan Anda tengah digoncang oleh isu perselingkuhan, berikut tips mempertahankan hubungan setelah ada perselingkuhan.

  1. Jujur

    Ya, kejujuran adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk dapat bangkit setelah perselingkuhan. Sampaikan pada pasangan secara mendetail tentang semua keluhan yang Anda rasakan. Memendam perasaan sakit sendiri akan membuat korban perselingkuhan rentan mengalami depresi karena kesedihan yang mendalam. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pasangan yang selingkuh untuk mendengarkan dan memahami setiap keluh kesah yang disampaikan oleh korban perselingkuhan.

  2. Resolusi baru

    Bukan hal yang aneh lagi jika korban perselingkuhan umumnya akan lebih posesif kepada pasangannya, karena itu adalah ebuah pertahanan yang secara alamiah dibentuk agar kejadian perselingkuhan tak terulang lagi. Oleh sebab itu, bagi Anda korban perselingkuhan, membuat aturan yang disepakati bersama pasangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Anda dapat meminta pasangan untuk selalu siap sedia menjawab teleponnya, meskipun memang tidak ada percakapan penting yang akan dibahas. Selain itu, buatlah kesepakatan agar Anda dapat melihat dan mengecek isi ponsel dan aktivitas online yang dilakukan oleh pasangan Anda. Namun, jika semua hal ini sudah dilakukan tapi Anda tetap sulit sekali memercayai pasangan, mungkin itu artinya Anda dan pasangan memang sudah tidak bisa lagi mengusahakan apa pun.

  3. Saling berbagi tanggung jawab

    Orang yang pernah selingkuh harus mau menanggung semua kesalahannya, apa pun konsekuensinya. Sementara untuk Anda yang diselingkuhi, bantulah pasangan untuk dapat keluar dari masalah perselingkuhan yang pernah ia lakukan. Misalnya dengan cara sama-sama melakukan konseling pernikahan. Sadarilah bahwa masing-masing dari Anda memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi di masa depan.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam