banner

Benarkah Pria Lebih Cepat Jatuh Cinta?

Pria dan Wanita sedang berhubungan seks

Di dalam budaya Asia yang masih menjunjung tinggi nilai patriarkisme, Anda tentu setuju bahwa selama ini pria selalu lebih dulu menyatakan perasaannya terhadap wanita yang ia suka, tapi benarkah jika itu membuktikan bahwa pria lebih mudah untuk jatuh cinta ketimbang wanita? Fakta menunjukkan bahwa hal tersebut benar adanya dan alasannya cukup masuk akal. Ini karena, secara biologis wanita cenderung memilih-milih pasangan sehingga mereka memerlukan waktu yang lebih lama untuk jatuh cinta kepada pasangan yang dipilih. Berbeda dengan kaum pria yang tak perlu menunggu, sebab mereka langsung mengetahui jika dirinya menyukai seseorang.

Psikolog Marissa Harrison dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat mengatakan bahwa wanita lebih hati-hati ketika sudah menyangkut masalah cinta. Dan pria cenderung tidak memikirkan hal lain selain ingin menjadikan wanita pujannya tersebut sebagai kekasihnya. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Psikologi Sosial, Harrison menanyakan kepada 172 mahasiswanya, apakah mereka pernah jatuh cinta atau tidak. Jika respondennya berkata iya, Harrison akan bertanya lebih lanjut mengenai butuh waktu berapa lama sampai mereka mengatakan “I love you” kepada wanita yang mereka sukai tersebut. Dan tahukah Anda, bahwa jawaban dari mahasiswa pria sungguh tidak mengherankan. Mereka mengakui bahwa mereka jauh lebih cepat menyatakan perasaannya daripada wanita. Dan hanya butuh beberapa minggu untuk “menembak” perempuan yang mereka suka dari pertama kali rasa suka itu muncul. Berbeda dengan wanita yang butuh berbulan-bulan untuk berani menyatakan perasaannya.

Dan kenapa pria lebih cepat jatuh cinta dibandingkan dengan wanita?

Bagaikan keran bocor yang terus mengalirkan air, pria juga diluputi dengan perasaan yang terus mendorong mereka untuk mendapatkan wanita pujaannya. Ketika pria sudah mulai tertarik dengan wanita maka mereka pun tidak akan bisa melepaskan wanita itu, dan ingin memilikinya sebagai seorang kekasih seperti dikutip dari Elite Daily.

Ya, tidak seperti wanita yang cenderung selalu mempertanyakan semua hal termasuk sebuah perasaan, pria sangat yakin dengan dirinya dan percaya dengan keberanian dan insting mereka yang kuat. Mereka tidak perlu menjelaskan kenapa mereka menyukai wanita itu dan mereka menganggap bahwa perasaan ini tidak pernah salah ketika mereka sedang jatuh cinta. Meskipun pria lebih mudah jatuh cinta dibandingkan dengan wanita namun yang terpenting adalah perasaan yang sama antara keduanya, alias pernyataan cinta sang pria tidak akan mendapat penolakan alias tidak bertepuk sebelah tangan. Dan dari peneltian tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tidak melulu karena faktor budaya seorang pria kebanyakan menyatakan perasaannya tersebut, melainkan karena kaum pria memang cenderung tidak banyak berpikir ketika ia memiliki perasaan suka. Jadi, apakah dalam hal jatuh cinta, itu membuktikan bahwa pria lebih bodoh daripada wanita?

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam