banner

Cara Mencari Tahu Apakah Anda Seorang Biseksual

ciri-ciri seorang biseksual yang harus anda ketahui

Tentunya Anda tidak asing dengan istilah biseksual, bukan? Ya, biseksual merupakan orang yang mempunyai ketertarikan seksual pada laki-laki dan perempuan sekaligus. Bisa disimpulkan biseksual adalah seseorang yang memiliki orientasi heteroseksual dan homoseksual. Biseksual bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Masih banyak stigma tertentu yang melekat pada seorang biseksual yang menyangkut norma sosial, apalagi di Indonesia yang menjunjung adat ketimuran. Terlepas dari pro dan kontra biseksual, inilah beberapa fakta unik tentang biseksual.

1. Sudah ada sejak abad ke-19

Menurut kamus etimologi online, kata biseksual dapat ditelusuri ke tahun 1924. Akan tetapi dalam definisinya sedikit berbeda, di mana mempunyai arti “memiliki kedua jenis kelamin dalam satu makhluk atau hermaphrodite” yang sama sekali berbeda dengan arti saat ini, yaitu “ketertarikan pada dua jenis kelamin”.

2. Kondisi kesehatan seksual yang kurang sehat

Fakta ini menyedihkan, namun benar adanya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Rice University di Houston, Texas, Amerika Serikat, 20% dari laki-laki dan perempuan yang biseksual mengatakan bahwa kesehatan mereka dalam kondisi “buruk” atau “sedang”.

Dalam penelitian itu menjelaskan, bahwa kebanyakan individu biseksual sering mendapatkan ketidakuntungan dalam sejumlah faktor sosial-ekonomi yang akibatnya mempengaruhi kehidupan kereka. Hal ini, menurut penelitian tersebut, karena kaum biseksual adalah kaum minoritas yang masih sering mendapat stigma dari masyarakat, yang pada akhirnya membuat mereka sulit mendapat perawatan kesehatan yang lebih baik.

3. Jumlah biseksual relatif kecil

Menurut data pada tahun 2014 hanya 0,7% populasi di Amerika Serikat yang teridentifikasi sebagai biseksual, survei ini dilakukan pada 35.000 orang. Data itu juga menyebutkan, perempuan memiliki persentasi yang lebih tinggi, yaitu 0.9% dan laki-laki sebesar 0.4%.

4. Jarang diketahui oleh orang banyak

Karena biseksual merupakan orientasi ganda, bukan hanya orientasi pada sesama jenis, jarang orang mengetahui bahkan mengira dia adalah seorang biseksual. Pada umumnya seorang biseksual tetap menikah dan memiliki anak, akan tetapi dia tetap mempunyai keinginan untuk menjalin hubungan dengan sesama jenis.

5. Biseksual tidak sama dengan hiperseksual

Banyak yang beranggapan, seorang biseksual memiliki gairah seks yang sangat tinggi atau disebut hiperseksual. Hal ini merupakan stigma yang salah, mereka tetap membutuhkan seks pada porsinya masing-masing hanya saja pada kedua jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam