banner

Kejahatan pada Aplikasi Kencan Online

Kejahatan yang ada di dalam aplikasi kencan online

Menemukan teman kencan apalagi pasangan hidup memang bukan perkara mudah. Ada yang memilih pacaran dan menikah muda. Ada pula yang mengejar karir terlebih dulu supaya mapan sebelum melangkah ke pelaminan. Tak sedikit juga yang mencari jalan pintas melalui aplikasi kencan online demi mendapatkan pasangan klop. Namun, mencari pasangan secara online nyatanya penuh risiko. Soalnya, seperti yang dilansir dari Daily Mail, tak jarang orang melakukan tindakan kriminal melalui aplikasi kencan online.

Seperti kisah seorang wanita di Malaysia yang terjebak hutang piutang karena kelakuan teman kencan yang ia tahu dari aplikasi kencan online. Wanita bernama Lee, berumur 33 tahun mengatakan dia kehilangan pekerjaannya dan harus menyelesaikan hutangnya ke rentenir. Dilansir dari laman The Star, ia mengaku dikejar-kejar rentenir untuk melunasi hutang yang ia pinjam untuk diberikan kepada kekasihnya yang ia temui melalui aplikasi kencan online tersebut

Ia meminjamkan sejumlah uang senilai 9.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 30 juta. Lee mengatakan bahwa salah satu dari rentenir tersebut akan tutup mata mengenai hutangnya dan menawarkan uang tunai jika dia berpose telanjang untuknya pada akhir bulan lalu. “Dia membawa saya ke sebuah hotel dan mengambil beberapa video dan foto saya dan mengatakan kepada saya bahwa tidak perlu khawatir tentang pembayaran. Ia juga memberi saya uang tunai,” katanya dalam sebuah wawancara di Departemen Layanan Publik dan Pengaduan MCA.

Lee bercerita bahwa ia terlibat dalam kekacauan tersebut setelah ia meminjamkan uang pada laki-laki bernama Kevin yang mengaku bekerja untuk industri minyak dan gas. Ia mengaku, bahwa ia membutuhkan uang tersebut untuk membayar produk-produk bisnisnya. Kevin juga mengatakan pada Lee akan mengembalikan uang tersebut dan melamarnya pada kunjungan berikutnya.Kepala departemen layanan tersebut Datuk Seri Michael Chong mengatakan Lee sebenarnya adalah korban penipuan cinta dan Kevin yang ia temui melalui online tersebut adalan penipu.

Lalu, apa saja bahaya menggunakan aplikasi kencan online? Tindakan kriminal berikut ini bisa mengintai Anda:

1. Human Trafficking

Pastikan dulu karakter pasangan yang akan Anda temui. Seringkali orang terbuai dengan gombalan. Perasaan yang telah dibangun selama PDKT ini semakin menggebu-gebu apalagi jika teman kencan mengajak ketemuan. Sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu karakter teman kencan tersebut. Karena banyak sekali kasus penculikan yang berawal dari aplikasi kencan online.

2. Pelecehan Seksual

Waspada! Banyak penjahat seksual yang melangsungkan praktiknya melalui aplikasi kencan online. Dengan segala trik dan jitu, Anda bisa dijebak untuk memenuhi hasrat biologisnya meskipun hanya melalui foto dan video. Jika Anda menerima ajakan bertemu, dia bisa bertindak lebih jauh lagi. Hati-hati!

3. Pencurian Identitas

Pencurian data pribadi sering terjadi melalui situs-situs online, salah satunya aplikasi kencan online. Entah dengan cara menggunakan nama Anda untuk aplikasi lain atau mencuri data pribadi melalui jasa hacker profesional. Kalau sudah begitu, Anda bisa dituntut melakukan tindak kriminal atas sesuatu yang tidak pernah Anda lakukan. Kerugiannya bisa mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

Jadi, tetap waspada ya selama menggunakan aplikasi kencan online!

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam