banner

Mengapa Vagina Pasangan Anda Berbau Dan Gatal

Kenapa vagina berbau dan gatal

Tak dipungkiri vagina yang berbau bisa mengganggu hubungan Anda dan si dia, apalagi jika vagina pasangan Anda berbau amis itu berarti ada masalah dengan kesehatan seksualnya. Ya, pasangan Anda bisa jadi menderita bacterial vaginosis (BV), infeksi vagina yang sangat umum terjadi pada wanita.

Apa itu Bacterial Vaginosis?

BV adalah infeksi vagina yang paling umum diderita oleh wanita berusia 15 hingga 44 tahun. “Bacterial vaginosis, atau bacterial vaginitis, adalah suatu kondisi di mana terdapat pertumbuhan berlebih dari komponen bakteri dalam vagina,” terang Susan Khalil, MD, direktur kesehatan seksual dari Mount Sinai, Amerika Serikat (AS). BV sendiri terkait dengan ketidakseimbangan bakteri “baik” dan “berbahaya” yang biasanya ditemukan dalam vagina seseorang.

"Ini adalah sesuatu yang ditemukan pada wanita yang aktif secara seksual, tetapi BV bukan termasuk dalam infeksi menular seksual (IMS), jelas Dr. Khalil. Jika seorang seorang perempuan tidak mendapatkan BV, bisa jadi perempuan tersebut masih perawan atau tidak aktif secara seksual.

Gejala Bacterial Vaginosis

Jika pasangan Anda merasa ada yang tidak beres dengan kesehatan vaginanya, ada kemungkinan si mengalami infeksi seperti BV. Dan sebagai pasangan yang baik, jangan sungkan untuk menyarankan pasangan Anda berkonsultansi dengan dokter. Gejala umum BV yakni, cairan yang lebih banyak keluar dari biasanya dan kadang-kadang berbau tidak normal dengan warna keputihan. Gejala BV lainnya adalah rasa sakit, gatal, dan terbakar pada vagina, bau seperti ikan setelah berhubungan seks, terbakar saat buang air kecil, gatal di sekitar bagian luar vagina, dan keputihan mulai dari warna putih hingga abu-abu.

Cara Mengobati Bacterial Vaginosis

Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan perawatan, antibiotik, seperti metronidazole, akan diresepkan dalam bentuk gel vagina, supositoria, atau pil yang harus diminum. Menurut Dr. Khalil, dibutuhkan sekitar satu minggu untuk mengenyahkan BV, tapi itu juga tergantung pada banyak faktor medis lainnya seperti status kesehatan pasien.

Sekali lagi, Jika Anda melihat ada perubahan dan bau vagina yang mencurigakan pada pasangan Anda, dan Anda dan pasangan tidak yakin apakah itu normal atau tidak, berkonsultasilah dengan dokter. Jika pasangan Anda memang memiliki BV, katakan padanya bahwa dia seharusnya tidak perlu merasa malu karena itu adalah hal yang normal yang terjadi perempuan yang aktif secara seksual. Dan, memiliki komunikasi terbuka tentang kesehatan dengan dokter adalah sangat penting untuk memastikan bahwa baik Anda dan pasangan menerima informasi dan perawatan terbaik untuk gaya hidup serta kehidupan bercinta Anda.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam