banner

Mengapa Wanita Tergila-gila Dengan Bau Keringat Pria?

Pernahkah Anda begitu menikmati dunia kencan di sebuah klub kencan, di mana Anda berdansa dengan begitu semangat sehingga keringat membasahi tubuh Anda? Dan tahukah Anda pada saat tubuh Anda basah oleh air keringat, betapa perempuan mungkin merasa begitu bergairah hanya karena mencium aroma keringat Anda?

Wanita dan Keringat Pria

Ya, para peneliti dari University of California di Berkeley, Amerika Serikat, mengatakan wanita yang mengendus bahan kimia yang ditemukan dalam keringat pria mengalami peningkatan kadar hormon, bersama dengan meningkatnya gairah seksual, detak jantung yang lebih cepat dan efek lainnya. Mereka mengatakan studi tersebut yang diterbitkan oleh Journal of Neuroscience, merupakan bukti langsung bahwa aroma tubuh yang dikeluarkan seorang pria bisa mempengaruhi hormon lawan jenis.

Studi ini berfokus pada androstadienon, yang dianggap sebagai sinyal kimia pria. Penelitian sebelumnya telah menetapkan bahwa aroma itu ternyata ampuj mempengaruhi suasana hati wanita, gairah seksual dan fisiologis serta aktivasi otak. Turunan dari testosteron, juga ditemukan dalam keringat pria dan juga dalam air liur serta air mani, dengan aroma yang tidak menyengat. “Ini benar-benar memberi tahu kita bahwa banyak hal yang dapat dipicu oleh bau keringat seorang pria,” kata Claire Wyart, ilmuwan yang memimpin penelitian tersebut.

Para peneliti juga mengukur kadar hormon kortisol dalam air liur 48 mahasisi di Berkeley, dengan usia mereka rata-rata 21 tahun. Setelah para mahasiswi melakukan 20 hirupan terhadap toples yang berisi androstadienone, tubuh mereka mengeluarkan kortisol untuk membantu mempertahankan gairah dan memberikan rasa nyaman pada tubuh yang membantu meredakan stres mereka.

Kadar kortisol pada wanita yang mencium androstadienon terangkat dalam waktu sekitar 15 menit dan tetap meningkat hingga satu jam. Hasil eksperimen ini konsisten dengan penelitian sebelumnya, di mana para wanita juga melaporkan peningkatan mood, gairah seksual yang lebih tinggi, tekanan darah meningkat pun dengan detak jantung dan pernapasan.

Sebagai perbandingan, wanita juga mencium bau ragi kue, namun percobaan ini tidak memicu efek yang sama. Ini adalah studi pertama kali yang membuktikan bahwa ada hubungan antara mencium bahan kimia tertentu yang dikeluarkan oleh tubuh, dan kaitannya dengan meningkatnya kadar hormon—di mana para responden sama sekali tidak memiliki kontak kulit dengan androstadienone.

Para peneliti hanya menggunakan wanita heteroseksual dalam penelitian ini karena khawatir bahwa wanita homoseksual dapat merespons secara berbeda terhadap bahan kimia yang terkandung dalam keringat para pria tersebut. Namun studi ini tidak menentukan apakah peningkatan kadar kortisol memicu perubahan suasana hati atau gairah, atau apakah perubahan itu sendiri yang menyebabkan peningkatan kortisol.

Para peneliti juga mengatakan temuan mereka bisa dijadikan cara yang lebih baik untuk merangsang kadar kortisol pada pasien yang membutuhkannya, seperti mereka yang menderita penyakit Addison. Alih-alih memberikan kortisol dalam bentuk pil, yang memiliki efek samping seperti tukak lambung, osteoporosis, kenaikan berat badan dan gangguan suasana hati, bahan kimia seperti androstadienone dapat digunakan untuk mempengaruhi kadar kortisol dan tidak memiliki efek samping.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam