banner

Mengenal Istilah Kencan Online Yang Kekinian

Wanita seksi dari aplikasi kencan online

Perkembangan jaman ternyata juga berbanding lurus dengan perkembangan dunia kencan online atau dunia percintaan, dalam hal kamus atau istilah-istilah yang digunakan tak lagi sekadar pacaran, putus dan selingkuh. Apa saja istilah terkini yang menggambarkan kondisi percintaan jaman sekarang?

Ghosting

Ghosting merupakan istilah ketika seseorang tiba-tiba menghentikan semua bentuk komunikasi dengan orang yang mereka kencani. Cara seperti ini bisa lebih menyakitkan daripada ditolak mentah-mentah karena menyisakan banyak pertanyaan yang tak terjawab. Seperti, “Apa salahku?” dan “Hal apa yang menyebabkan ia tak mau lagi berhubungan dengaku?” Cara ini bisa terjadi pada orang yang baru melakukan kencan pertama atau sedang dekat dalam hitungan minggu, kemudian salah satunya menghilang karena tak tertarik dan merasa tak perlu ada yang dijelaskan–atau malahan terlalu pengecut untuk menjelaskan bahwa ia sudah tidak tertarik lagi.

Haunting

Seseorang dari masa lalu muncul di media sosial dengan perilaku pasif seperti menyukai foto dan menonton setiap video Instagram stories Anda, tetapi tidak berkomentar dan belum ada ajakan untuk berkomunikasi lagi.Kemudian, Anda jadi memikirkan orang tersebut sampai pikiran jadi kacau. Kondisi ini lah yang dinamakan haunting.

Istilah breadcrumbing mengacu pada seseorang yang mencari perhatian, merespons dengan cara yang membuat Anda yakin bahwa orang ini tertarik pada Anda, serta memberikan berbagai kode seolah-olah itu untuk Anda, padahal bukan. Cara seperti ini bisa berujung membuat orang banyak berharap kemudian patah hati. Breadcrumbing lebih buruk daripada ghosting karena lebih sadis. Ini karena, ghosting hanyalah cara seorang pengecut untuk keluar dari sebuah hubungan sedangkan breadcrumbing seperti mematahkan harapan orang dan itu bisa membuat sakit hati yang teramat dalam. Jadi, jika Anda seorang pria sejati yang tentu betapa rapuhnya hati wanita, jangan lakukan ini ya!

Benching

Benching adalah kondisi di mana pasangan atau teman kencan menghilang dari kehidupan Anda secara bertahap. Ketika Andai baru menyadari bahwa status terbaru adalah menjadi lajang, teman kencan atau pasangan Anda bahkan sudah mempunyai pasangan baru. Orang yang melakukan benching biasanya tidak terlalu serius dalam berhubungan, tetapi mereka juga tak menampik bila masih ada harapan untuk lanjut hingga masa depan. Ini seperti pemain cadangan, mereka tak pernah benar-benar bermain sampai mungkin nanti akan dipanggil pelatih.

Stashing

Tak semua orang mengakui keberadaan pasangannya. Ada orang-orang yang mengaku lajang padahal sudah punya pasangan. Ini bisa dilihat dari pasangan yang menyembunyikan Anda dari media sosial, teman-teman, serta keluarga. Intinya, hubungan yang dijalani hanya Anda dan pasangan yang tahu dan ini disebut stashing.

Saat Anda sibuk mengenalkan pasangan atau mengunggah foto berdua ke media sosial, pasangan tak melakukan hal yang sama. Hal ini pun telah terjadi sejak awal hubungan, bukan sesuatu yang tiba-tiba terjadi. Namun, ketika Anda meminta penjelasan, pasangan akan menolak.

Submarining

Submarining merupakan kisah lanjutan dari ghosting. Setelah beberapa kali kencan, pasangan Anda menghilang tanpa penjelasan. Kemudian, setelah beberapa saat ia muncul kembali seolah tak pernah ada yang terjadi. Ia pun mengajak Anda kencan lagi dan kondisi ini akan membingungkan.

Phubbing

Jaman sekarang, banyak orang terlalu fokus pada ponsel sampai pasangannya pun dilupakan. Ini yang dinamakan phubbing atau phone snubbing, ketika pasangan lebih sibuk melihat media sosial dan menggunakan ponsel daripada bicara dan memerhatikan Anda. Hmmm… sepertinya sebagian besar di antara kita kerap melakukan hal ini, bukan?

Zombieing

Seseorang yang dulu pernah berkencan dengan Anda lalu melakukan ghosting tiba-tiba menghubungi lewat media sosial jelang reuni sekolah. Ini yang didefinisikan sebagai zombieing, seseorang seolah-olah hidup kembali dari kematian. Pelakunya datang ketika Anda bahkan masih mencoba melupakan yang pernah terjadi saat dahulu pasangan menghilang begitu saja. Zombieing dapat menyebabkan lebih banyak gangguan emosional.

Kittenfishing

Anda mungkin pernah bertemu orang yang melebih-lebihkan kualitas dirinya di situs kencan. Orang-orang ini melakukan kittenfishing sejatinya ingin terlihat lebih berbakat dan sukses sehingga menjadi orang yang berbeda di media sosial atau situs kencan. Cara ini dilakukan dengan mengunggah foto yang disunting banyak-banyak atau foto lama. Kebohongan lain juga bisa dilakukan seperti tentang usia, tinggi badan, minat, atau pencapaian.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam