banner

Mengenal Perilaku Eksibisionis dan Cara Menghadapinya

Mengenal perilaku eksib dan cara menghadapinya

Pernahkah Anda mendengar tentang eksibisionis atau bahkan pernahkah Anda mengenal atau bertemu dengan pelakunya? Ya, eksibionis merupakan orang yang mempunyai dorongan untuk mengekspos diri di depan umum tentang seksualitas. Salah satunya memperlihatkan alat vital di depan umum yang dilakukan oleh lekaki dan perempuan. Aneh, tabu dan tidak layak untuk diterima oleh akal sehat. Akan tetapi sebenarnya apa sih eksibisionis itu?

Eksibisionisme adalah gangguan mental yang ditandai oleh mereka, baik laki-laki dan perempuan memperlihatkan alat vital dan sensualitas kepada seseorang asing di tempat umum. Mereka mempunyai obsesi dengan praktik atau aktivitas sensual yang nggak biasa. Hal inilah yang mungkin disebut mereka memamerkan apa yang ada untuk keinginannya dan kepuasan seksualnya.

Mungkin miris untuk mendengarnya, tetapi ini memang benar terjadi di sekitar Anda. Banyak pelaku eksibisionis menjalankan aksinya di tempat umum, jalanan yang sepi bahkan di transportasi umum. Mereka akan merasa senang jika korban merasa takut dan terkejut melihatnya. Sangat tidak wajar, tapi kenapa hal ini bisa terjadi?

Jenis-jenis eksibisionis

Ada dua jenis eksibisionis, mereka yang nggak mengharapkan feedback dengan orang yang melihatnya atau orang yang ingin melibatkan kontak fisik dengan orang lain.

Mereka yang hanya mengekspos dirinya hanya memperlihatkan alat vital bukan tanpa niat melakukan aktivitas seksual lebih lanjut dengan orang lain. Akan tetapi mereka yang ingin melibatkan kontak fisik, inilah yang berbahaya dan sangat rawan akan terjadinya pelecehan seksual.

Semua ini dorongan oleh fantasi bahkan hormon yang ada di tubuh laki-laki dan perempuan. Akan tetapi ada beberapa penyebab terjadinya eksibisionisme:

  • Pelecehan emosional dan seksual pada masa kanak-kanak dan disfungsi keluarga merupakan faktor risiko signifikan dalam perkembangan eksibisionisme,
  • Cedera otak traumatis (TBI) tanpa riwayat penyalahgunaan alkohol atau pelanggaran seksual sebelumnya,
  • Minat pedofilia juga salah satu penyebab pelaku eksibisionis.

Cara menghadapi eksibisionis

Jika Anda tidak sengaja bertemu pelaku eksibisionis, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda sendiri:

  • Tetap tenang dan pergi menjauhi pelaku eksibisionis
  • Tinggalkan lokasi secepat mungkin Anda bisa tanpa ekspresi ketakutan
  • Jika dia mendekat kepada Anda, teriaklah minta tolong kepada sekeliling
  • Kenali bagaimana wajah, cara penampilan dan tanda orang tersebut. Laporlah kepada petugas terdekat karena dia akan beraksi tidak hanya sekali saja.

Pelaku eksibisionis adalah salah satu gangguan orientasi seksual. Oleh karena itu jangan terburu takut dan panik bila suatu saat Anda menemukan mereka di tempat yang sepi bahkan tempat umum.

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam