banner

Mengenal POIS Gejala Flu Usai Orgasme

Gejal flu usai orgasme saat bercinta

Jika Anda kerap menderita gejala-gejala flu seusai orgasme yang ternyata ini jamak dialami oleh pria bisa jadi anda mengalami Post Orgasmic Illness Syndrome atau POIS, yakni istilah medis sindrom penyakit pasca orgasme. Kondisi ini memang unik, lantaran biasanya setelah berhasil mencapai orgasme sebagian besar orang akan langsung merasa rileks dan puas, akan tetapi bagi penderita POIS, mereka justru akan mengalami gejala-gejala flu yang muncul sesudah berejakulasi. Biasanya sindrom ini muncul beberapa menit hingga beberapa jam setelah Anda mengeluarkan cairan ejakulasi.

Menurut berbagai laporan, pengidap sindrom langka ini mengalami serangkaian gejala yang mirip seperti orang yang sakit flu, mulai dari demam, pilek, badan lemas, nyeri otot berkeringat, mata gatal bahkan hilang ingatan jangka pendek. Dan gejala flu setelah orgasme bisa muncul ketika Anda berhubungan seks, bermasturbasi, bahkan ketika Anda sedang tidur. Ya, mengapa saat tidur? Pasalnya, saat tidur Anda mungkin saja mengalami mimpi basah dan berejakulasi tanpa disadari.

Tanda-tanda lain bahwa Anda mengidap POIS adalah gejala-gejala tersebut berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Namun, Anda bisa tiba-tiba sembuh sendiri tanpa periksa ke dokter. Perhatikan juga kalau dari sepuluh kali ejakulasi, sembilan di antaranya muncul gejala-gejala flu.

Penyebab POIS

Hingga saat ini, belum ditemukan secara pasti apa penyebab flu sehabis ejakulasi. Dulu, para ahli menduga kalau penyebabnya adalah reaksi psikologis yang tak lazim setelah seks. Namun, berbagai penelitian terbaru mengungkapkan jika sindrom ini muncil lantaran disebabkan oleh reaksi alergi pria terhadap protein dalam air maninya sendiri. Sebuah penelitian dari Utrecht University di Belanda misalnya, melakukan tes alergi terhadap peserta penelitian yang mengalami gejala-gejala flu setelah orgasme. Hasilnya, 88 persen peserta dinyatakan alergi terhadap air maninya sendiri.
Akan tetapi, teori ini masih terus diperdebatkan. Menurut seorang spesialis alergi dari New York-Presbyterian Hospital Columbia di Amerika Serikat, dr. David Resnick, yang menyangkal adanya teori tersebut, menyatakan jika alergi dituding sebagai penyebabnya, harusnya reaksi alergi juga terjadi saat prostat memproduksi air mani di dalam tubuh. Padahal, dalam kasus POIS, reaksi alergi baru muncul ketika air mani dikeluarkan dari tubuh, yaitu saat ejakulasi. Karena itu, saat ini kemungkinan terbesar penyebab POIS yang diyakini para ahli adalah penyakit autoimun, yang terjadi ketika sistem imun menyerang tubuh Anda sendiri. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

POIS dan kesuburan

Fenomena POIS sendiri baru dikenali pertama kali pada tahun 2002, di mana penelitian yang membahas soal pengaruh POIS terhadap kesuburan masih sangat terbatas. Namun, memang belum ada laporan yang mencatat bahwa POIS menyebabkan seorang pria tidak subur. Salah satu tantangan yang dapat membuat pengidap POIS sulit memiliki keturunan adalah bisa jadi karena Anda tidak bisa sering-sering berhubungan seks di mana Anda mungkin harus menunggu sampai gejalanya mereda atau sembuh dulu baru bisa berhubungan seks lagi. Maka, jika Anda mengalami masalah kesuburan atau Anda curiga Anda mengidap POIS, sebaiknya langsung periksa ke dokter. Tags: orgasme, gejala flu, pasca orgasme, berejakulasi, ejakulasi, kesuburan, penyakit autoimun

Seputar informasi dan artikel tentang kehidupan malam ada di Dunia Malam