banner

Public Display of Affection Wajarkah?

Bermesraan di depan umum atau biasa disebut public of affection

Seringkali ketika sedang berkencan tanpa Anda sadari Anda bermesraan di depan umum dengan pasangan atau kencan atau teman kencan Anda. Bermesraan di depan umum atau yang dikenal dengan istilah Public Display of Affection atau PDA ini, umumnya mengarah kepada berpelukan, berciuman, membelai, duduk di pangkuan,atau suatu hal yang berhubungan dengan fisik. Dan banyak yang menganggap bahwa itu adahal hal yang wajar untuk dilakukan karena menunjukkan rasa kasih sayang. Benarkan bahwa itu adalah sesuatu yang wajar?

Sebuah survey tentang PDA menyatakan setidaknya ada 7 kesimpulan tentang PDA. Ada empat perilaku PDA yang masih dianggap wajar, yaitu pegangan tangan (100%), rangkulan (80%), berpelukan (48%), dan cium kening/pipi (44%). Dan ada dua jenis Public Display of Affection yang paling tidak ditoleransi, yaitu grepe-grepe (76%), dan berciuman (24%). Responden juga mengaku paling malas melihat pasangan yang bermesraan di Twitter (56%) dan Facebook (50%). Di Dan hal yang paling tidak disukai oleh orang lain tentang perilaku PDA di media sosial adalah meunggah foto mesra di akun jejaring mereka (56%). Dan ketika ditanya bagaimana perasaannya jika melihat tindakan PDA yang tidak diterima, responden menjawab sebanyak 42% merasa tidak nyaman, 28% jijik, dan hanya 14% yang mengatakan mereka tak peduli.

Berdasarkan data tersebut, sepertinya Public Display of Affection masih termasuk perilaku yang kurang diterima di Indonesia. Namun, lagi-lagi sikap ini tidak bisa dikatakan benar atau salah, karena itu tergantung dari siapa yang menyikapinya. Tak ada salahnya kok menunjukkan bahwa Anda sayang sama pasangan, tetapi Anda juga harus tahu “rambu-rambunya”, di mana perilaku PDA yang masih bisa diterima yakni berpegangan tangan dan berangkulan.
JIka Anda merasa ragu ketika hendak bermesraan di depan umum atau tidak, ketahuilah bahwa rasa sayang tidak harus melulu ditunjukkan dengan ber-PDA. Ya, Anda bisa memainkan kontak mata dengan pasangan, memberi senyum atau kata-kata manis untuknya. Juga untuk media sosial, biarkan foto mesra Anda dan dia hanya untuk konsumsi pribadi alias jangan disebarkan di media sosial Anda. Satu hal, salah satu alasan mengapa seseorang melakukan Public Display of Affection selain menunjukkan rasa sayang, adalah mereka seolah sedang berbicara, “Hey! She is mine!” di mana sikap itu sejatinya menunjukkan bahwa Anda merasa insecure. Boleh saja jika Anda mau melakukan PDA di tempat kencan atau media sosial, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Sebab, selain membuat orang lain merasa sebal, sebaiknya Anda memfokuskan diri pada bagaimana membangun hubungan yang berkualitas.

Seputar aplikasi untuk Open BO gratis ada di 5 Aplikasi Open BO Wanita Gratis